Perbedaan Sistem Atmosfer Bumi dengan Rumah Kaca

Perbedaan sistem atmosfer bumi dengan rumah kaca sering kali menjadi pertanyaan dalam soal-soal pada tingkat SMP. Mungkin Anda juga pernah menemukan soal ini secara langsung ketika zaman SMP dulu. Materi pelajaran di SMP memang sudah semakin meluas dan salah satunya di bidang IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) yang menjadi pelajaran menarik.

Jika Anda belajar mata pelajaran IPA, maka Anda juga akan mempelajari tentang atmosfer bumi dan efek rumah kaca. Pada dasarnya, struktur bumi memang memiliki atmosfer yang memiliki fungsi tersendiri demi kelangsungan hidup bumi hingga sekarang ini. Begitu juga dengan istilah efek rumah kaca yang sering Anda dengar di pelajaran IPA.

Perbedaan sistem atmosfer bumi dengan rumah kaca menjadi materi yang akan Anda pelajari. Jika Anda suka dengan pelajaran IPA, maka materi kali ini akan sangat menyenangkan untuk diulas bersama. Sebelum masuk ke materi utama, ada baiknya jika Anda tahu apa itu yang dimaksud dengan atmosfer terlebih dahulu.

Perbedaan Sistem Atmosfer Bumi dengan Rumah Kaca

Atmosfer merupakan suatu lapisan gas yang menyelimuti planet dan bumi menjadi salah satu planet yang diliputi oleh atmosfer tersebut. Mungkin banyak di antara Anda yang tidak menyadari bahwa sebenarnya Anda sangat dekat dengan atmosfer karena atmosfer bisa dijumpai pada ketinggian mulai dari 0km di atas permukaan tanah hingga 10.000km di atas permukaan bumi. Informasi untuk perbedaannya, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Sistem Atmosfer pada Bumi

Jika Anda mempelajari bumi memang tidak pernah ada habisnya karena bumi menyimpan banyak hal yang sampai sekarang pun masih banyak yang belum terungkap. Perbedaan sistem atmosfer bumi dengan rumah kaca menjadi salah satu hal yang menarik untuk Anda ulas bersama. Saat Anda mengenal bumi, maka Anda juga akan mengenal yang namanya atmosfer.

Anda mungkin sudah familiar dengan istilah atmosfer ini, tapi apakah Anda tahu apa fungsinya? Atmosfer bumi ini berfungsi untuk mengurangi suhu ekstrem pada siang dan malam hari serta mampu menyerap radiasi sinar ultraviolet dari matahari dalam rangka melindungi seluruh makhluk hidup yang tinggal di bumi. Jadi, atmosfer memiliki fungsi yang sangat penting demi kelangsungan hidup Anda.

Tanpa atmosfer ini, maka suhu panas dan dingin yang ekstrem akan Anda rasakan. Begitu juga dengan sinar ultraviolet yang langsung sampai ke bumi tanpa ada penghalang terlebih dahulu. Perbedaan sistem atmosfer bumi dengan rumah kaca memang terlihat dari fungsinya ini. Sebagai lapisan di bumi, atmosfer memang memiliki peran yang tak bisa tergantikan.

Di sini, Anda juga perlu mengetahui bahwa atmosfer bumi terdiri dari lima lapisan untuk menangkal suhu ekstrem dan sinar ultraviolet, yaitu Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, dan Ionosfer. Setiap lapisan ini memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam menangkal sesuatu yang hendak masuk ke bumi, sehingga suhu di bumi masih bisa untuk ditinggali oleh makhluk hidup.

Sistem Rumah Kaca

Dari namanya saja sudah terlihat bahwa rumah ini terbuat dari kaca atau plastik yang memiliki fungsi sama dengan kaca. Biasanya, rumah ini digunakan untuk membudidayakan tanaman atau tumbuhan. Perbedaan sistem atmosfer bumi dengan rumah kaca akan dapat Anda pahami setelah membahas tentang rumah kaca.

Kaca atau plastik pada rumah tersebut berperan sebagai pelindung agar nantinya medium transmisi dapat memilih frekuensi spektral yang berbeda. Hal ini berguna untuk membuat area di dalam rumah ini menjadi lebih panas atau hangat dan suhu ini tidak akan berkurang karena ditahan agar tidak mengalir keluar. Sistem ini juga berguna untuk mengontrol cahaya di dalam rumah kaca.

Sistem tersebut berguna untuk melindungi tanaman dari panas atau dingin berlebih, mencegah hama dan melindungi tanaman dari badai dan blizzard. Apabila lingkungan memiliki suhu yang ekstrem, maka rumah kaca bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menanam tanaman dengan subur. Apalagi dengan sistem hidroponik yang bisa dilakukan di berbagai ruang secara efektif.

Jadi, sistem atmosfer bumi berperan untuk membuang panas keluar dari bumi dan menjaga masuknya sinar ultraviolet langsung ke bumi sehingga suhu bumi tetap stabil. Sedangkan, sistem rumah kaca bekerja dengan menjaga suhu ruangan agar tetap panas sekaligus mengatur cahaya. Sistem kerja tersebut sudah menjelaskan perbedaan sistem atmosfer bumi dengan rumah kaca.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Sistem Atmosfer Bumi dengan Rumah Kaca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel