Tips Membuka Usaha Bengkel Mobil Modal Terbatas

Tidak dapat dipungkiri bila usaha bengkel mobil itu tentunya butuh banyak modal. Meskipun usaha ini bervariasi, namun setidaknya modal yang harus disiapkan senilai Rp 100 juta. Lalu, bagaimana cara mengatasi kerugiannya? Tentunya ada trik khusus untuk menyiasati kerugian dari bisnis bengkel mobil. Sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan secara terus-menerus.

Seperti yang telah diketahui bahwa jumlah kendaraan roda 4 selalu meningkat setiap tahun. Tak heran bila disaat jam berangkat dan pulang kantor selalu dipenuhi oleh kemacetan kendaraan roda 4 di kota-kota besar. Bahkan berdasarkan data yang didapatkan dari Badan Pusat Statistik ada 15 juta unit mobil pribadi yang beroperasi.

Jumlah itu masih bisa meningkat hingga hari ini mengingat banyak penduduk yang konsumtif. Meskipun tidak ada yang melarang tentang hal ini, namun tentunya fenomena peningkatan jumlah mobil bisa menimbulkan masalah kedepannya. Namun meskipun begitu, di sisi lain hal ini bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Salah satunya usaha bengkel mobil.

Tips Membuka Usaha Bengkel Mobil Modal Terbatas

Bagi yang dapat membaca kesempatan itu, mereka tentunya akan memilih untuk membuka bengkel mobil. Hanya saja untuk membuka bengkel mobil pasti butuh dana yang cukup banyak seperti yang disampaikan sebelumnya. Untuk skala kecil, Anda butuh modal Rp 100 juta dalam membuka usaha ini. Biaya ini meliputi banyak hal.

Namun sudah meliputi jasa tenaga ahlinya juga. Untuk biaya peralatannya sebesar 30%, sewa lahan 40%, dan perlengkapannya 30 persen. Dengan modal yang terbatas, Anda bisa mendapat keuntungan besar dengan memperhatikan tipsnya berikut ini.

Tips Membuka Usaha Bengkel Mobil

Di bawah ini adalah tips membuka usaha bengkel mobil dengan modal terbatas untuk seorang pemula, antara lain:

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Untuk memulai bengkel mobil, jangan lupa menentukan lokasi yang strategis dulu. Seperti menjalankan bisnis pada umumnya. Salah satu poin utama penentu keberhasilan bisnis adalah pemilihan lokasi yang strategis. Maka dari itulah pilih saja lokasi yang berdekatan dengan perumahan, kantor, atau kawasan yang banyak memiliki kendaraan roda 4.

Jadi Anda bisa dijadikan sebagai pilihan mereka saat ingin melakukan service kendaraan roda empat. Bila perlu, carilah lingkungan yang sedikit tenang karena umumnya untuk membuka usaha bengkel mobil ini butuh area nyaman. Saat Anda mulai menjalankan bisnis bengkel, otomatis sering mengeluarkan suara berisik di lingkungan.

Jadi supaya tidak mengganggu orang di sekitar dan tidak dikomplain oleh masyarakat, sebaiknya hindari kawasan yang dekat dengan sekolah, rumah sakit, dan tempat untuk beribadah. Bila dana Anda terbatas untuk menyewa sebuah lahan, coba dulu bermitra bersama pemilik lahan dengan sistem bagi hasil. Itu jauh menguntungkan dan lebih hemat.

2. Pilih Jenis Bengkelnya

Sebaiknya tentukan jenis usaha bengkel mobil seperti apakah yang Anda inginkan. Apakah Anda ingin membuka usaha bengkel umum, tune up, resmi, atau bahkan modifikasi. Karena ada banyak varian bengkel mobil yang bisa dicoba saat ini. Jadi pastikan bahwa Anda harus lebih fokus pada 1 pilihan usaha bengkel.

Apalagi jika modal Anda terbatas, sebaiknya fokuskan usaha Anda pada 1 tujuan supaya bisa melayani dengan profesional. Bagaimanapun juga membuka usaha bengkel itu butuh dana yang tidak kecil. Anda harus menyewa lahan, membeli perlengkapan, dan peralatan yang lebih besar dari ukuran mobilnya sendiri.

Jadi pastikan semuanya harus diukur dulu kemampuan finansial Anda sebelum membuka usaha bengkel mobil. Lebih baik peralatan Anda lengkap namun fokus pada 1 jenis topik saja, dibandingkan membuka berbagai macam layanan namun perlengkapannya tidak sesuai. Sehingga hal tersebut bisa mengecewakan pelanggan.

3. Perhatikan Kompetitor Bengkel di Sekitar

Meskipun kompetitor ini bisa menjadi ancaman untuk bisnis Anda, namun ternyata mereka dapat juga memberikan keuntungan tersendiri. Mau tahu alasannya? Karena dengan adanya kompetitor, Anda bisa mempelajari apa saja yang menjadi kekurangannya kemudian tutupi kesalahan mereka dengan menerapkannya pada bisnis sendiri.

Tentunya dengan bisa memberikan poin lebih kepada konsumen akan membuat mereka lebih tertarik untuk menggunakan jasa bengkel mobil Anda daripada menggunakan jasanya. Maka dari itulah cobalah untuk bersaing dengan kompetitor lebih sehat. Karena hal tersebut bisa meningkatkan inovasi dan kreativitas pelaku usaha bengkel mobil.

Jadi yang perlu Anda lakukan adalah cukup amati yang dilakukan oleh kompetitor Anda dan lihat plus minusnya. Anda tidak perlu menghasut konsumennya supaya datang ke bengkel milik sendiri. Namun cukup buktikan saja bahwa layanan Anda lebih baik dari mereka supaya konsumen bisa menilai sendiri.

4. Siapkan Tenaga Ahli Profesional

Untuk poin yang satu ini terbilang gampang-gampang susah. Karena masih baru beroperasi sehingga tentunya mungkin akan cukup sulit menemukan tenaga ahli yang profesional. Namun yang pasti untuk melakukan pencegahan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, uji dulu montir Anda dengan memberikan serangkaian tes!

Jadi cari tahu apakah mereka benar-benar paham soal dunia otomotif dan sebesar apakah kemauannya dalam bekerja bersama Anda. Untuk meningkatkan pelayanan, buka saja kotak saran ke konsumen supaya Anda tahu kekurangan tenaga ahli Anda seperti apa dalam memperbaiki mobilnya di tempat ini.

Sehingga dengan cara inilah Anda bisa mengetahui seperti apakah tenaga ahli yang bekerja di tempat tersebut. Cara ini cukup efektif membantu Anda dalam membuka usaha bengkel mobil supaya lebih lancar dan bisa bertahan dalam jangka panjang. Karena baik tidaknya bengkel tergantung dari layanan tenaga ahlinya jadi pilih yang benar-benar berkualitas.

5. Peralatan Bengkel Lengkap dan Mumpuni

Tidak hanya tenaga ahlinya saja yang harus diperhatikan, namun perlengkapan dan peralatan untuk membuka bengkel mobil harus lengkap! Jika dana Anda terbatas untuk pengadaan peralatan dan perlengkapan bengkel, maka prioritaskan beberapa barang yang sering digunakan, sehingga itu cukup membantu usaha Anda.

Misalnya saja, seperti obeng, kunci, dan perkakas lainnya agar pekerjaan tenaga ahli Anda cepat selesai. Karena sudah ada pendukung perlengkapan dan peralatan yang lengkap. Karena kelengkapan peralatan bengkel bisa mempengaruhi kinerja para tenaga ahli bengkel. Akibatnya bila pekerjaannya lambat, itu akan membuat pelanggan Anda kabur semua.

Maka dari itulah, jika ingin membuka usaha bengkel mobil, maka persiapkan perlengkapan dan performanya dulu. Karena hal itu bisa mendukung kinerja para pegawai Anda. Ingatlah kecepatan layanan dan performa para tenaga ahli bisa mempengaruhi kepuasan para pelanggan. Kepuasan mereka bisa mempengaruhi perkembangan bisnis Anda.

6. Selalu Mendengarkan Keluhan dari Pelanggan

Demi kepuasan para pelanggan dan meningkatkan apa yang kurang dari bisnis Anda, cobalah untuk mendengarkan keluhan mereka. Karena cara ini efektif memperbaiki kualitas bengkel Anda menjadi lebih baik dan disukai pelanggan. Ingatlah bahwa pembeli itu raja. Jadi jangan pernah menyepelekan keberadaan mereka.

Ingatlah sudah banyak pengusaha hingga pada akhirnya gulung tikar Cuma, karena tidak mendengarkan keluhan konsumennya. Biasanya hal ini terjadi pada mereka yang selalu merasa bengkelnya terbaik sehingga tidak mau mendengarkan keluhan konsumen. Maka dari itulah sebelum terlambat, segera dengarkan keluhan pelanggan Anda.

Sejak awal membuka usaha bengkel mobil, Anda harus ingat bahwa kesuksesan bisnis tidak akan pernah terjadi bila tidak ada pelanggan yang mampir. Maka bagaimanapun juga, Anda harus bisa memberikan layanan yang bagus kepada mereka. Karena mereka adalah raja yang harus dilayani dan dihormati.

7. Berikan Layanan Pelanggan yang Terbaik

Strategi lainnya yang bisa mempengaruhi kesuksesan dari usaha bengkel mobil Anda adalah layanannya. Maka dari itulah cobalah menjalin hubungan dengan baik kepada para pelanggan yang datang. Cobalah untuk menjaga komunikasi yang baik dengan mereka setiap saat supaya menjadi pelanggan setia Anda.

Jadi jangan lupa untuk selalu memberikan layanan yang baik. Anda harus selalu ramah kepada semua pelanggan dan sabar saat melayani kebutuhannya serta keluhannya. Dengarkan saran dan kritik mereka untuk meningkatkan layanan Anda. Dengan mendengarkan saran dan kritikannya justru akan membuat layanan Anda semakin meningkat.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kualitas layanan yang baik. Entah itu dari segi kerapian, kebersihan, kenyamanan, dan kecepatannya semuanya harus benar-benar diperhatikan. Jangan lupa after service harus diperhatikan juga untuk menjaga kualitas bengkel menjadi lebih baik. Dengan begitu bengkel Anda akan semakin populer.

8. Maksimalkan Strategi Promosi dengan Baik

Jangan pernah takut untuk mempromosikan usaha bengkel mobil Anda ke perusahaan yang ada di sekitar. Bila perlu berikan penawaran service bulanan untuk para karyawan dengan sistem diskon setiap melakukan transaksi. Selain itu, untuk menarik perhatiannya, cobalah berikan kupon potongan diskon ketika mereka melakukan service dalam nominal tertentu.

Jadi promosi itu sangat penting sekali karena bisa mempengaruhi minat para masyarakat dalam menggunakan jasa Anda. Anda bisa menawarkan promo khusus pada waktu yang sudah ditetapkan. Bila perlu berikan kupon gratis service pada jarak radius setiap km. Dengan begitu hal ini bisa memberi poin plus tersendiri.

Cara ini efektif membuat jumlah pelanggan semakin meningkat dan terus kembali karena merasa diperhatikan. Bagaimanapun juga, promosi adalah penentu kesuksesan seseorang dalam menjalankan bisnis tertentu, termasuk ketika akan membuka usaha bengkel mobil. Jadi perhatikan bagian ini dengan baik supaya tidak membuat kecewa pelanggan.

9. Berikan Fasilitas Menunggu yang Nyaman

Seperti yang diketahui bahwa untuk memperbaiki mobil yang rusak atau melakukan service itu butuh waktu yang sangat lama. Meskipun bisa dari 1 hingga 2 jam, namun tentu saja akan ada titik jenuh dan rasa bosan mulai muncul karena lama menunggu. Maka dari itulah tambahkan fasilitas menarik di ruang tunggu.

Sehingga pelanggan yang sedang menunggu service mobil merasa lebih nyaman, meskipun harus menunggu dalam waktu lama. Bila perlu sediakan ruangan yang bersih, nyaman,dan rapi. Akan lebih baik juga bila Anda menyediakan ruangan untuk mereka yang suka merokok dan bebas rokok.

Kemudian tambahkan fasilitas TV, cemilan, dan minuman untuk membuat mereka betah di tempat Anda. Jadi bila Anda ingin sukses dalam menjalankan usaha bengkel mobil, sebaiknya jangan pelit kepada konsumen. Karena bila pelit, otomatis usaha Anda tidak mungkin bisa bertahan lama.

10. Tawarkan Layanan Panggilan

Dengan peningkatan persaingan terhadap usaha bengkel mobil membuat Anda harus bisa membaca pasar lebih baik. Maka dari itulah, supaya tidak kalah bersaing sebaiknya Anda harus lebih kreatif saat memberikan layanan. Bila perlu cobalah untuk menawarkan layanan panggilan kepada para pelanggan.

Jadi Anda bisa menawarkan kepada mereka supaya tenaga ahli profesional datang ke rumah pelanggan untuk melakukan service mobil. Namun dengan ketentuan, kerusakannya tidak boleh terlalu parah. Karena semakin parah kerusakannya, alat yang dibutuhkan semakin banyak dan besar. Sehingga tidak mungkin membawa peralatan semuanya.

Dengan menawarkan layanan panggilan pada usaha bengkel mobil Anda, otomatis itu akan memberikan solusi terbaik kepada para pelanggan yang sedang mengalami kerusakan kendaraan di jalan. Dimana mereka tidak tahu bengkel terdekat jadi solusinya adalah dengan memanggil jasa Anda untuk membereskan masalah ini.

11. Tawarkan Layanan GO-Mekanik

Menciptakan gebrakan baru dengan menawarkan layanan go mekanik adalah salah satu cara terbaik untuk membuat Anda sukses dalam menjalankan usaha bengkel mobil. Hal ini akan sangat membantu para pemilik mobil yang selalu sibuk, sehingga tidak bisa datang ke bengkel langsung.

Saat hal itu terjadi, solusinya adalah menggunakan layanan antar jemput mobil. Jadi tenaga ahli akan menjemput mobil yang bermasalah, kemudian dibawa ke bengkel dan dilakukan perbaikan. Sehingga layanan ini akan sangat membantu para pemilik mobil yang tidak bisa kemana-mana karena sibuk bekerja.

Go mekanik ini hampir sama seperti layanan panggilan. Hanya saja perbaikan yang dilakukan oleh go mekanik dilakukan di bengkelnya. Sedangkan layanan panggilan, perbaikannya dilakukan di lokasi mobilnya langsung. Namun meskipun begitu, keduanya sangat menguntungkan pelanggan, karena bisa memudahkan mereka melakukan service mobil.

12. Tawarkan Booking lewat Aplikasi

Tidak ada salahnya berikan layanan yang maksimal kepada para pelanggan. Caranya buat aplikasi booking untuk membantu mereka dalam melakukan service di tempat Anda. Dengan adanya aplikasi booking online akan membuat pelanggan tidak perlu kerepotan mengantri ke bengkelnya langsung. Sehingga hal ini akan memudahkan mereka melakukan booking dimana saja.

Jadi saat Anda tiba ke bengkelnya langsung, silahkan lakukan registrasi untuk melakukan booking. Setelah itu silahkan datang ke tempat usaha bengkel mobil milik kami untuk mendapatkan giliran service. Cara ini akan membuat para pelanggan tidak merasa terlalu lama menunggu giliran. Karena semuanya bisa diakses secara online.

13. Berikan Souvenir pada Pelanggan Setia

Tidak ada salahnya untuk memberikan para pelanggan sebuah souvenir sebagai bonus. Sekecil apapun souvenir dan bonus yang Anda berikan, itu akan membuat mereka cukup senang. Maka dari itulah, tidak ada salahnya berikan hadiah kecil berupa souvenir kepada mereka. Misalnya saja seperti tempat minum, kipas kecil, kalender, dll.

Untuk melakukan promosi, tidak ada salahnya menambahkan nama brand pada aksesoris Anda tersebut. Jadi secara tidak langsung Anda telah mempromosikan bengkel Anda lewat souvenir yang Anda berikan kepada pelanggan. Dengan begitu jumlah pelanggan akan semakin meningkat karena banyak orang baru yang mengenal brand itu.

14. Siapkan Modal Usaha

Seperti yang diketahui bahwa untuk membuka bisnis bengkel mobil itu nominalnya bisa mencapai Rp 100 juta. Modal senilai Rp 100 juta itu bisa digunakan untuk membeli kunci, menyewa lahan, onderdil, dan perlengkapan bengkel yang lain. Dengan kerja keras, usaha bengkel yang Anda geluti bisa memberikan keuntungan besar.

Keuntungan yang didapatkan dari bengkel ini bisa Rp 20 juta sampai Rp 40 juta setiap bulan. Keuntungan itu didapatkan setelah ada potongan dana operasional, namun dengan ketentuan bengkel Anda harus didatangi oleh 30 mobil sehari. Tentunya pendapatan ini menggoda sekali. Karena usaha bengkel mobil ini bisa memberi keuntungan besar.

Belum ada Komentar untuk "Tips Membuka Usaha Bengkel Mobil Modal Terbatas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel