Contoh Usaha Sampingan Di Desa yang Bisa Dicoba

Usaha sampingan kerap dicoba oleh sebagian orang agar pendapatannya semakin bertambah. Kondisi seperti sekarang memang kurang bagus karena semua kebutuhan pokok terus naik.

Padahal gaji bulanan tetap saja. Sehingga cukup sulit untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Banyak usaha sampingan di desa yang bisa dicoba agar tabungan semakin mengelembung.

Usaha Sampingan Di Desa

Meskipun beberapa usaha yang dimaksud cukup mudah untuk diterapkan namun hasilnya cukup menghasilkan dibanding harus merantau ke perkotaan yang tingkat persaingan tenaga kerjanya sangat tinggi, Usaha sampingan ini cocok untuk diterapkan siapapun.

Bahkan untuk Anda yang jadi pengangguran sekalipun. Berikut contoh usaha sampingan yang cocok untuk pedesaan.

Contoh Usaha Sampingan Di Desa yang Bisa Dicoba Dibanding Harus Merantau Ke Kota

Tidak sedikit masyarakat desa yang kepikiran ingin berusaha sampingan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang terus naik.

Bagi yang berjiwa bisnis, usaha sampingan tentu menjadi pilihan terbaik bagi yang sudah jenuh dengan dunia kerja atau ingin menambah pendapatan.

Banyak contoh usaha sampingan yang bisa dicoba bagi yang domisiliya di pedesaan. Jadi, Anda bisa menyesuaikannya dengan minat masing-masing saja.

Bagi yang membutuhkan referensi seperti apa usaha sampingan yang cocok untuk masyarakat desa, berikut beberapa contoh usaha sampingan yang cocok dicoba di desa:

1. Ternak ayam

Usaha sampingan yang cocok dicoba di desa adalah berternak ayam. Usaha ini cukup populer dan banyak dijumpai. Wajar karena cara memulai bisnisnya cukup mudah dan tidak ribet sama sekali.

Hanya saja, untuk mencoba usaha ini, Anda harus menyiapkan modal yang cukup besar. Modal tersebut dipakai untuk pembuatan kandang, biaya vaksin hingga pembelian bibit berkualitas.

Bagi yang ingin memperkerjakan orang, Anda juga harus menyiapkan modal untuk menggaji mereka. Tidak usah takut jika usaha sampingan ini bangkrut. Pasalnya tidak sedikit masyarakat yang suka dengan ayam sebagai lauknya.

Baik digoreng atau olahan makanan berbahan dasar ayam lainnya. Tugas paling berat saat mencoba usaha ini adalah harus menemukan pembeli tetap.

Anda bisa menawarkannya ke penjual daging ayam atau toko-toko makanan yang membutuhkan pasokan daging ayam. Jika sudah menemukannya, pasti usaha sampingan ini benar-benar membuat tabunganmu semakin gendut.

2. Ternak lele

Selain ternak ayam, ternak lele juga bisa menjadi pilihan untuk usaha sampingan di pedesaan. Ternak ayam dan ternak lele memiliki kesamaan, yakni membutuhkan lahan yang cukup luas.

Lahan tersebut dipakai untuk menampung bibit yang ingin dibudidayakan. Namun bisnis seperti ini bisa saja langsung diterapkan di depan halaman rumah.

Wajar karena kebanyakan halaman rumah-rumah di pedesaan memiliki luas yang cukup luas. Usaha sampingan ternak lele ini terbilang cukup murah dalam segi modal yang diperlukan.

Dengan hanya bermodal 500 ribu saja, Anda sudah bisa memulai ternak lele. Pemeliharaanya juga cukup bisa dibilang sangat mudah karena tidak membutuhkan cara yang sulit dilakukan.

Pasalnya lele terbiasa hidup di air keruh sehingga Anda tidak capek untuk menguras kolam tersebut. Meskipun begitu, Anda tetap harus menguras kolam lele secara rutin supaya nanti tidak terserang penyakit.

3. Jualan pulsa

Salah satu usaha sampingan yang cocok di desa adalah jualan pulsa. Memilih usaha berjualan pulsa bisa menjadi pilihan terbaik bagi yang ingin usaha sampingan di pedesaan.

Cara memulai usaha sampingan populer ini tergolong sangat mudah dan tidak memerlukan modal yang terlalu besar untuk mencobanya. Anda cukup memakai ponsel untuk meraup keuntungan besar.

Jualan pulsa juga tidak ribet sama sekali. Anda bisa berjualan dimana saja. Mulai dari kantor, rumah hingga ruko.

Bagian yang terpenting saat berjualan pulsa adalah pastinya saldo yang Anda miliki cukup dan sinyal tetap bagus untuk berjualan. Meskipun mudah, usaha ini pasti membuat tabungan Anda semakin mengelembung.

Berjualan pulsa juga cocok diterapkan oleh siapapun. Entah Anda adalah mahasiswa, pelajar, ibu rumah tangga atau pekerja yang membutuhkan pekerjaan tambahan. Yang paling penting disini, Anda harus telaten dan jangan patah semangat karena saingannya cukup banyak.

4. Warung kelontong

Warung kelontong tidak akan ketinggalan peminat di jaman sekarang. Pasalnya di toko ini biasanya ada banyak barang kebutuhan pokok yang dijual.

Dengan peluang tersebut, usaha sampingan di desa ini sangat menghasilkan jika Anda coba. Contoh barang yang biasanya dijual seperti beras, gula, teh dan kebutuhan pokok lainnya.

Dengan adanya toko kelontong, warga tidak perlu jauh-jauh berbelanja jika dirinya sedang malas. Usaha ini cocok dicoba di pedesaan ataupun perkotaan.

Anda bisa memulai usaha dengan membuka toko di depan rumah atau garasi rumah. Siapkan saja meja kaca dan juga rak untuk meletakkan barang dagang yang ingin dijual.

Untuk memenuhi barang yang dibutuhkan, cari toko grosir yang menjual produk dengan harga terjangkau. Untuk usaha ini, siapkan daftar harga yang masuk akal sebelum mencobanya.

Anda bisa survei ke toko kelontong lain untuk mematok berapa harga yang pas untuk semua barang yang dijual. Ingat, jika barang terlalu mahal, sudah pasti konsumen juga ogah untuk beli di warung kelontong Anda.

5. Berjualan sayur organik

Area pedesaan cenderung memiliki lingkungan yang masih asri dan juga udara yang bersih. Jadi tidak heran jika lingkungannya sangat cocok untuk bercocok tanam.

Pasalnya masih jarang polusi yang bisa menganggu kegiatan tanam-menanam tersebut. Contoh usaha yang paling cocok untuk kondisi seperti ini adalah berjualan sayuran organik.

Sayuran organik memang cenderung lebih fresh dibanding sayuran non organik karena saat panennya tidak memakai zat bahaya. Media untuk tanamnya juga tergolong sangat beragam.

Anda bisa memakai pipa yang telah dilubangi seperti model modern seperti sekarang. Cara tanam ini cocok diterapkan bagi yang tidak mempunyai lahan yang luas.

Atau juga bisa menggunakan lahan luas yang tidak digunakan di depan rumah. Modal untuk usaha sampingan ini juga tidak terlalu mahal karena hanya memerlukan bibitnya saja.

Meskipun begitu, Anda tetap membutuhkan perawatan yang bagus agar sayuran organik bisa tumbuh dengan baik.

6. Jualan oleh-oleh secara online

Setiap daerah pasti memiliki oleh-oleh khasnya masing-masing. Sebut saja seperti oleh-oleh dalam bentuk produk kreatif, makanan khas hingga kerajinan tangan.

Karena perkembangan teknologi sudah semakin canggih, Anda bisa berjualan dengan menggunakan sistem online.

Tidak membutuhkan modal sama sekali dan bisa menjadi investasi jangka panjang,
Anda bisa mengambil foto setiap produk yang ingin dijual dengan kualitas terbaik supaya nantinya lebih menarik perhatian konsumen.

Ada dua keuntungan apabila mencoba usaha sampingan untuk pedesaan ini. Pertama tentu saja rekening tabungan bisa semakin gendut.

Kedua, Anda turut berkontribusi untuk memperkenalkan setiap produk asli daerah ke masyarakat luas.

Untuk berjualan online, Anda membutuhkan website atau media sosial untuk berjualan. Kenalkan produk yang dijual sebaik dan semenarik mungkin. Jika perlu tambahkan bonus atau promo di setiap produk yang Anda jual.

Itu contoh usaha sampingan yang cocok untuk dicoba di pedesaan. Setiap usaha sampingan yang dipilih tentu mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing. Jangan patah semangat jika memulai usaha sampingan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Usaha Sampingan Di Desa yang Bisa Dicoba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel