Butuh Referensi Usaha Sampingan Mahasiswa, Cek Daftarnya Berikut

Sebagai seorang mahasiswa, Anda dituntut untuk mandiri dan kreatif agar tidak sekedar mengandalkan uang bulanan orang tua saja. Mahasiswa harus berfikir usaha sampingan dan tetap bisa kuliah dengan baik dan lancar.

Berbekal kekreatifan yang Anda miliki serta mampu melihat peluang yang ada, banyak sekali usaha sampingan mahasiswa yang bisa dicoba.

Usaha Sampingan Mahasiswa

Anda tinggal menyesuaikan dengan kemampuan dan minat masing-masing. Usaha sampingan yang dijalankan bukan hanya sebagai sampingan saja.

Namun bisa terus dilanjutkan setelah menyelesaikan masa kuliah nanti. Tujuannya tentu setelah kuliah Anda tidak lagi pusing masalah pekerjaan. Seputar usaha sampingan untuk mahasiswa, berikut contohnya.

Referensi Usaha Sampingan Mahasiswa yang Cocok Untuk Dicoba


1. Pulsa elektrik

Tidak sedikit mahasiswa yang memulai usaha sampingan pulsa elektrik karena dianggap mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar.

Meskipun mudah, usaha sampingan ini memberi pendapatan yang lumayan besar bagi para pelakunya. Sekali transaksi, usaha ini mampu memberi keuntungan hingga 2000 untuk para pelakunya.

Usaha sampingan ini bukan tanpa risiko jika Anda lakukan. Pasalnya sekarang banyak teman yang ikut hutang saat pembayaran pulsa.

Jadi sebelum mencoba usaha sampingan pulsa elektrik, Anda harus mempertimbangkan segala kemungkinan buruk yang mungkin saja terjadi. Jangan mau dihutangi jika usaha ini mengarah ke kerugian.

2. Bisnis online

Peluang usaha sampingan berikutnya adalah dengan berjualan online atau membuka online shop. Anda bisa berjualan berbagai macam kebutuhan, sebut saja seperti pakaian, pernak pernik hingga sepatu.

Banyak forum jual beli di internet yang memberi tawaran transaksi yang mudah dan tidak ribet. Jadi manfaatkan semuanya sebaik mungkin.

Pelanggan bukan hanya ditujukan untuk kenalan atau teman saja. Anda bisa membuka sayap pelanggan untuk pengguna dunia maya.

Kini banyak situs jual beli yang bisa dimanfaatkan untuk menjual segala produk yang Anda jual. Sistem jualan online juga beragam, contoh yang paling populer adalah reseller dan dropshipper.

3. Les privat

Usaha sampingan yang cocok untuk mahasiswa berikutnya adalah membuka usaha les privat. Usaha ini memberi pelajaran secara private kepada anak SD, SMP ataupun SMA.

Misal, Anda yang belajar di ilmu abstrak bisa membuka les privat seperti matematika, kimia, fisika atau beberapa mata pelajaran yang lazim di ujian lainnya. Usaha sampingan ini memberi dua keuntungan sekaligus untuk mahasiswa.

Anda bisa mendapat pendapatan setiap bulannya. Selain itu juga bisa memperdalam materi setiap pelajaran. Usaha ini sangat cocok dilakukan oleh mahasiswa yang belajar di dunia pendidikan.

Anda bisa menjadi guru privat secara mandiri atau juga bergabung dengan jasa les privat. Keduanya mempunyai keunggulan dan kekurangan yang berbeda.

4. Jualan makanan kecil

Bagi yang kantin kampusnya cukup jauh dari ruangan kuliah, usaha sampingan jualan makanan kecil bisa menjadi pilihan terbaik.

Pasalnya membantu teman yang malas ke kantin untuk membeli makanan ringan. Usaha sampingan ini cocok untuk mahasiswa yang tidak malu dan peka terhadap peluang tersebut.

Baca Juga : Usaha Sampingan Di Desa

Anda bisa berjualan saat ada pergantian mata kuliah. Jualannya bisa langsung di dalam kelas dengan teman sekelas sebagai targetnya.

Contoh makanan kecil yang bisa dijual adalah snack atau air mineral. Siapkan harga terbaik atau berbagai promo yang diperlukan supaya lebih menarik.

5. Jasa pengetikkan atau print

Bisnis pengetikkan maupun print bisa menjadi salah satu usaha menjanjikan untuk saingan mahasiswa. Kuliah memang identik dengan tuas yang membutuhkan berbagai macam cetakan.

Dibanding mencetak tugas secara individu, banyak mahasiswa yang memanfaatkan jasa print atau pengetikkan karena tidak memakan banyak waktu.

Untuk membuka usaha sampingan ini, Anda harus mahir dalam pengetikkan. Dengan begitu, hasil pekerjaan bisa lebih menjanjikan dan memuaskan.

Anda hanya membutuhkan laptop atau komputer saja. Jangan lupa siapkan printer untuk modal yang diperlukan di usaha sampingan ini. usaha ini bisa dilakukan karena cukup menghasilkan.

6. Usaha bimbingan belajar

Hingga sekarang banyak mahasiswa yang nyatanya masih membutuhkan bantuan orang lain untuk menambah Indeks Prestasi (IP) yang ia dapat setiap semesternya.

Tentu peluang ini bisa menjadi usaha sampingan untuk membantu mereka belajar. Usaha ini dapat dilakukan secara mandiri ataupun bersama orang lain dengan kemampuan yang lebih berkompeten.

Dalam menjalankan bimbingan belajar, Anda jangan hanya fokus pada faktor akademisi saja. Pasalnya banyak peluang lain yang bisa dicoba.

Sebut saja seperti mengemudi, bermain gitar, renang atau usaha sampingan lainnya. Anda harus sabar saat berhadapan dengan banyak orang.

7. Blogger atau programmer web

Bagi mahasiswa Teknologi Informatika, usaha sampingan ini sangat cocok untuk dicoba. Jasa yang digunakan bisa sesuai dengan mata kuliah yang diambil saat itu.

Sebut saja seperti programmer web ataupun blogger. Anda bisa membuatkan situs, e-commerce dan blog untuk mendapat penghasilan pasif.

Banyak contoh monetize blog yang harus diketahui, contohnya seperti pay per click, produk dari blog hingga pasang iklan.

Bagi yang blognya sudah memiliki banyak viewers, Anda bisa memberi tawaran kepada perusahaan tertentu untuk iklan di web yang sudah dibangun.

8. Jual beli buku bekas

Mahasiswa tentu tidak bisa lepas dari buku untuk menunjang kegiatan perkuliahannya. Peluang ini bisa dijadikan usaha sampingan bagi mahasiswa. Anda bisa menjual buku bekas dengan harga yang lebih terjangkau dibanding di pasarannya.

Ketika biaya pendidikan terus naik, buku bekas seperti ini sangat cocok karena bisa mengurangi beban keuangan mahasiswa tersebut.

Buku bekas yang masih layak dipakai bisa dijual kembali  ke teman atau adik angkatan. Atau bisa juga dititipkan di toko yang menjual buku bekas tapi dengan risiko harga belinya juga rendah.

9. Jasa service laptop atau komputer

Usaha sampingan mahasiswa berikutnya yang bisa dicoba adalah bisnis jasa servis laptop atau komputer.

Usaha yang satu ini sangat cocok untuk mahasiswa yang memang sebagian besar sudah mempunyai laptop. Hanya saja bisnis ini hanya bisa dijalankan oleh orang yang benar-benar paham seputar software ataupun hardware.

Untuk memulai bisnis, ada beberapa peralatan yang dibutuhkan, sebut saja seperti tang, obeng atau alat lainnya.

Usahanya bisa dipromisikan ke teman kuliah. Atau jika tidak, Anda bisa memanfaatkan peluang masyarakat luar untuk service laptop. Usaha sampingan ini bisa dilakukan sembari kuliah agar tidak menganggu perkuliahan.

10. Usaha pembuatan website

Di era serba teknologi seperti sekarang, hampir semua instansi pasti membutuhkan website. Baik, perusahaan, sekolah ataupun kampus.

Kini juga banyak website personal yang bertebaran di internet. Hal seperti ini bisa menjadi usaha sampingan terbaik untuk mahasiswa, khususnya yang mengerti tentang website.

Agar usaha sampingan berjalan dengan baik, Anda membutuhkan keahlian dibidang ini. Contohnya dalam hal mengelola PHP secara manual ataupun CMS seperti Wordpress.

Baca Juga : Usaha Sampingan Karyawan Pabrik

Itu contoh usaha yang bisa dijalankan untuk mahasiswa di kampus. Dengan usaha tersebut, setidaknya mahasiswa tidak menggantungkan uang bulanan dari orang tua saja. Bahkan kedepan usaha ini bisa dijadikan investasi yang begitu menjanjikan.

Belum ada Komentar untuk "Butuh Referensi Usaha Sampingan Mahasiswa, Cek Daftarnya Berikut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel