10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Anti Mainstream

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa menghasilkan uang. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga yaitu dengan melakukan usaha sampingan. Usaha sampingan ibu rumah tangga sangatlah banyak dan tentunya tidak akan mengganggu waktu ibu agar bisa mengerjakan pekerjaan rumah maupun kegiatan yang lainnya.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga juga biasanya memiliki sedikit waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Dengan berkembangnya zaman maka tidak menutupi kemungkinan para wanita untuk mengejar apa yang selama ini diimpikan dan bisa dicapai dari rumah. Selain itu, hal ini bisa menumbuhkan jiwa entrepreneur bagi para ibu rumah tangga.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Modal yang Kecil


1. Bisnis Kerajinan Tangan

Bagi ibu rumah tangga yang mempunyai kreativitas tinggi bisa memanfaatkan bisnis yang satu ini. Dengan kemampuan mengolah barang-barang menjadi sesuatu yang kreatif dan bernilai jual. Barang yang biasanya dibutuhkan oleh orang-orang yaitu berupa souvenir saat acara wisuda atau membuat hampers yang digunakan untuk parcel dan juga seserahan pernikahan.

Hal yang paling dibutuhkan bagi bisnis ini yaitu kreativitas yang dimiliki oleh Anda. Semakin bagus barang yang dibuat maka semakin banyak juga orang yang akan memilih produk Anda. Dengan kreativitas yang terus berkembang maka Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar karena permintaan pasar yang tinggi.

2. Bisnis Catering 

Dapur pribadi yang Anda miliki juga bisa dijadikan salah satu usaha sampingan apalagi bagi Anda yang memiliki hobi untuk memasak. Untuk memasarkan jasa catering Anda bisa menggunakan media sosial yang Anda miliki. Memulai bisnis kuliner ini bisa Anda lakukan misalnya dengan menawarkan makanan berat hingga kue kering dan basah.

3. Sebagai Dropshipper

Bisnis dari ruman yang hanya berbekal smartphone adalah menjadi seorang dropshipper. Seorang penyalur barang kepada konsumen dan barang tersebut berasal dari seorang distributor sangatlah cocok ditekuni oleh seorang ibu rumah tangga. Hal ini disebabkan karena, Anda hanya perlu menawarkan barang-barang dengan masyarakat sekitar.

4. Menjual Bumbu Siap Pakai

Sama halnya dengan catering bisnis yang satu ini juga berhubungan erat dengan Anda yang mempunyai hobi memasak. Dengan menjual bumbu yang sudah siap untuk dipakai maka akan membuat pekerjaan ibu lainnya menjadi lebih mudah. Usahakan juga untuk menjual bumbu siap pakai yang fungsional bagi setiap makanan.

Selain itu, saat ini juga banyak sekali orang yang melakukan persiapan makanan yang akan digunakan untuk satu pekan kedepan. Anda bisa menawarkan bumbu dengan kualitas kesehatan yang terjamin. Bumbu yang sudah siap pakai saat ini mulai berkembang di pasaran ada yang kemasan botol maupun yang lainnya.

5. Membuka Bimbingan Belajar 

Peluang usaha yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga selanjutnya yaitu membuka bimbingan belajar bagi anak-anak sekolah. Usaha ini tidak akan terlalu menyita waktu bagi Anda di rumah karena, waktu untuk mengajar bisa diatur sendiri oleh Anda. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan urusan rumah menjadi terbengkalai.

Saat ini bimbingan belajar banyak dibutuhkan di berbagai mata pelajaran misalnya matematika dan Bahasa inggris. Dengan kemampuan yang Anda miliki maka bisa menghasilkan uang untuk menambah keperluan di rumah tangga. Tidak hanya itu, anak Anda juga akan lebih termotivasi untuk belajar dirumah karena ada teman-temannya yang datang untuk ikut belajar Bersama.

6. Menjadi Seorang Vlogger

Dengan perkembangan zaman maka tidak menutup kemungkinan bagi seorang ibu rumah tangga memiliki media sosial. Salah satu media sosial yang banyak digunakan saat ini yaitu youtube. Setiap orang lebih tertarik untuk berbagi pengalaman maupun cerita melalui video. Anda bisa memanfaatkan hal ini menjadi salah satu usaha sampingan.

Anda bisa membagikan berbagai cara untuk memasak makanan, merawat tanaman atau hal-hal menarik lainnya. Akan tetapi, Anda juga diharuskan untuk membuat video yang memotivasi ataupun mendidik. Jika video Anda banyak penonton dan sudah diikuti oleh banyak orang maka Anda bisa menghasilkan uang yang terbilang cukup banyak.

7. Membuka Toko Kelontong

Usaha yang paling memungkinkan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah membuka toko kelontong. Usaha yang satu ini sangat menguntungkan terutama bagi Anda yang tempat tinggalnya di perumahan. Kebanyakan orang ingin membeli barang-barang dalam jumlah yang lebih sedikit dan malas untuk pergi ke toko yang besar.

Jika di rumah Anda terdapat ruangan kosong maka bisa dijadikan tempat untuk membuka usaha yang satu ini. Tidak hanya itu, Anda juga diharuskan menjadi orang yang konsisten untuk menjalankan usaha ini agar bisa berkembang dengan baik. Dengan membuka usaha ini tentunya tidak akan mengganggu waktu yang dimiliki karena bisnis ini dijalankan di rumah sendiri.

8. Usaha Tanaman Hias

Usaha yang satu ini mengharuskan Anda untuk menjadi seseorang yang telaten dalam mengurus tanaman. Untuk mengurus tanaman Anda juga harus memiliki waktu luang agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Jika Anda merupakan orang yang ulet dalam menjalankan usaha ini maka penghasilan yang akan dicapai bisa melebihi gaji para karyawan kantor.

Usaha tanaman hias merupakan salah satu usaha yang perkembangannya sangat cepat. Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan bisnis ini dengan mudah karena variasi yang dimiliki tanaman hias sangatlah banyak. Tanaman hias yang bisa Anda tawarkan misalnya seperti bonsai dan bunga hias yang memiliki harga dipasaran cukup tinggi.

9. Membuka Jasa menjahit

Usaha yang satu ini menguntungkan bagi orang yang mempunyai kemampuan untuk menjahit. Untuk menambah keahlian dalam menjahit Anda bisa mengikuti kursus terlebih dahulu agar bisa menciptakan jahitan yang bagus. Waktu yang Anda miliki di rumah menjadi lebih produktif jika menekuni usaha yang satu ini.

Anda bisa menerima pesanan dari para tetangga serta bisa menunjukkan bahwa kualitas jahitan yang dimiliki sangatlah bagus. Selain itu, Anda juga dituntut untuk terus mengikuti perkembangan model baju agar mampu bersaing dengan yang lainnya. Usaha jahitan juga merupakan salah satu usaha dengan penghasilan yang cukup besar.

10. Menjadi Seorang Reseller

Reseller tentunya berbeda dengan seorang dropship karena, sistem yang digunakan reseller adalah dengan membeli terlebih dahulu barang-barang dengan harga grosir. Kemudian barang-barang tersebut bisa dijual kembali ke pasaran. Peluang usaha ini sangatlah besar apalagi bagi seseorang yang mempunyai hubungan yang cukup luas.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan media sosial untuk memasarkan produk yang sedang dijual. Barang-barang yang biasa dijual oleh reseller biasanya adalah barang-barang untuk keperluan fashion seperti tas, sepatu, pakaian hingga aksesoris. Keuntungan yang bisa diraih dengan menjadi reseller cukup menjanjikan.

Berbagai usaha sampingan ibu rumah tangga tersebut bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Hal ini tergantung dari niat dan kerja keras yang Anda miliki agar usaha berjalan dengan lancar. Selain itu, waktu luang yang dimiliki juga akan mempengaruhi berkembangnya usaha sampingan yang sedang Anda jalankan.

Belum ada Komentar untuk "10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Anti Mainstream"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel